KEUTAMAN SHODAQOH


OLEH : ABU ZUBAIR FATHURROHMAN




Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا  أَمَّا بَعْدُ

Kaum Muslimin Rahimakumullah……..
Segala puji bagi Allah Jalla wa ‘Ala yang telah memberikan kenikmatan yang banyak kepada kita semua,terutama nikmat yang paling utama yaitu nikmat iman dan islam yang melekat pada diri kita dan juga nikmat yang laiinya yang kita tidak bias untuk menghitungnya..sebagaimana Allah telah berfirman;
وإن تعدوا نعمت الله لا تحصوها
Artinya :”Dan jika kalian menghitung nikmat Allah,pasti kalian tidak akan mampu menghitungnya.”(QS. Qs.Ibrahim: 34 )

Sholawat dan salam teruntuk junjungan kita Nabi yang mulia,Nabi Akhir Zaman,penutup para Nabi yaitu Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam..
Marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah Robbul ‘Alamiin,dengan banyak beramal untuk akherat kita,dengan takut kepada Allah,dan dengan mengamalkan Alquran dan Sunnah Nabi Nya.
Mudah- mudahan kita adalah termasuk di antara hamba Allah yang bertaqwa,dimana Hamba yang bertaqwa adalah hamba yang paling mulia disisi Allah Azza wa Jalla,sebagaimana Allah berfirman:
إن أكرمكم عند الله أتقاكم
Artinya:”Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa di antara kalian”.(Qs.al-Nahl:18 ,)

Mudah- mudahan kita adalah termasuk di antara hamba Allah yang bertaqwa, sehingga Allah memasukkan kita di JannahNya.Amien ya Robbal Alamin.
Hadirin ,para tamu Allah rahimakumullah……………
Islam agama kita yang mulia telah menganjurkan pemeluknya untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.Dan dengan tolong- menolong jalinan hubungan antar masyarakat muslim akan semakin erat.Misalnya adalah Shodaqoh.Dengan shodaqoh hubungan antar si kaya dan si miskin akan lebih mesra dalam bermualah tentunya.,karena si kaya memperhatikan keadaan orang yang kurang layak hidupnya atau si miskin,sedangkan sebaliknya si miskin tidak perlu untuk meminta-minta belas kasihan orang-orang,bahkan dengan bangganya mendoakan kebaikan dan keberkahan harta si kaya yang ahli shodaqoh.
Allah Azza wa Jalla menghimbau para hamba-Nya untuk bershodaqoh,sebagaimana firman  Allah dalam  Al Qur-an Surat Al-Baqoroh ayat 280.
وأن تصدقوا خير لكم إن كنتم تعلمون
Artinya:”Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu,lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”.

Dalam ayat lain Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Yang artinya:”Siapakah yang mau member pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik (yaitu menafkahkan hartanya di jalan Allah)maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.”(QS.Al-Baqoroh : 245).

Jama’ah sidang Jum’at Rahimani warohimakumullah………..
APA SAJAKAH KEUTAMAAN DARI SHODAQOH?
1.      Untuk memperoleh Al-birr (kebaikan).
Sebagaimana Allah berfirman ;


لن تنالوا البر حتى تنفقوا مما تحبون
Artinya;”Kamu sekali- kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna),sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu nafkahkan,maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”.(QS.Ali Imron : 92).

Sedangkan Al-Imam At-Thabari Rahimahullah memaknai kalimat Al-Birr sebagai Surga.
Saudara- saudaraku ………
Ketika ayat tersebut turun, Shahabat yang mulia, yaitu Abu Tholhah Rodhiallahu Anhu- mendatangi Rosulullah untuk menyedekahkan harta yang paling dicintainya yaitu kebun Kurma dekat Masjid Nabawi,Subhanallah…kebaikan yang perlu untuk ditiru oleh kita,tetapi apakah kita mampu menirunya?..tentu saja jawabannya kembali pada diri kita sendiri..
2.      Shodaqoh menghapuskan kesalahan
Rosulullah Muhammad berkata;
والصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ الماء النار

Artinya :’ Shodaqoh itu menghapus kesalahan,sebagaimana air memadamkan api.”(HR.At-Tirmidzi).

3.      Shodaqoh akan memadamkan kemurkaan Allah Ta’ala.
Sabda Rosulullah :
إن الصدقة  لتطفئ غضب الرب


Artinya:”Shodaqoh  itu benar-benar memadamkan kemurkaan Allah .”(hadits hasan,dalam Shohihul Jami).

4.      Shodaqoh akan memudahkan urusan dan kesulitan
Rosulullah berkata:
من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كراب يوم القيامة . ومن يسر على معسر يسر الله عليه في الدنيا والأخرة 





Artinya:”Barang siapa menyelesaikan kesulitan seorang mukmin di dunia,niscaya Allah akan menyelesaikan masalahnya di Akherat kelak.Dan barang siapa memudahkan urusan orang yang sedang kesulitan,niscaya Allah akan memudahkan urusannya di Dunia dan Akherat.”(HR.Bukhari – Muslim).

Sauadaraku,mempermudah urusan atau kesulitan saudara kita adalah amal sholeh yang sangat perlu untuk dilestarikan atau dibiasakan,karena kita adalah makhluk social yang tentu saja saling membutuhkan satu sama lainnya,apalagi terhadap sesame muslim saudara kita..belum lagi adanya pahala besar menanti sebagiamana hadits yang tersampaikan baru saja..bahkan tolong menolong adalah sebuah kewajiban.
5.      Shodaqoh akan menyelamatkan dari Neraka.
Rosulullah berkata:
اتقوا النار ولو بشق تمرة


Yang artinya :”Takutlah (Jaukanlah ) diri kalian dari Neraka walaupun dengan sebuah kurma.”(HR. Bukhari – Muslim).

Bayangkan wahai saudaraku kaum mukminin,shodaqoh dengan ikhlas tentunya akan menjauhkan ahlinya dari Neraka walaupun Cuma shodaqoh dengan sebiji kurma.masyaAllah…ternyata sebiji kurma yang dishodaqohkan berfaidah sangat besar di sisi Ilahi Rabbi,Allah Ta’ala

6.      Shodaqoh akan mencegah dari Su-ul Khotimah
Shodaqoh adalah amal terpuji,amal yang baik.amal yang membuat ahlinya akan dicintai Allah tentunya.Dan jika seseorng terbiasa dengan amal sholihnya,insyaAllah ia akan mendapatkan kebaikan di akhir kehidupannya di dunia ini,karena Allah mencintainya.  
Dalam sebuah Hadits ,Rosulullah berkata:
الصدقة تقي ميتة السوء إن


Artinya:”Shodaqoh itu akan melindungi( orangnya) dari kematian yang buruk”.

7.      Shodaqoh sebagai bukti benarnya iman seseorang
Rosulullah telah bersabda :


Artinya :”Dan shodaqoh itu adalah bukti”.(HR.Muslim).
Telah berkata Imam Nawawi Rahimahullah :”Makna hadits tersebut adalah sebagai dalil akan kebenaran iman pelakunya,sebab orang munafik itu mungkin mengerjakan Sholat,tetapi pada umumnya tidak mudah untuk bershodaqoh.

8.      Shodaqoh balasannya berlipat –lipat ganda
Artinya adalah bahwa orang yang bershodaqoh pada hakekatnya dia sedang menabung atau meng-investasikan hartanya untuk hari Akheratnya dengan hasil berlipat lipat bahkan sampai 700x lipat tambahannya dari Allah.Sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya:”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang – orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap – tiap bulir :seratus biji.Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.Dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui”.(QS. Al-Baqoroh :261).

Kaum muslimin yang berbahagia………..
Intinya adalah bahwa harta yang kita sedekahkan akan semakin banyak di sisi Allah,bahkan dalam riwayat disebutkan bahwa harta tersebut akan menyamai tinngginya gunung .masyaAllah….Jadi harta yang dishodaqohkan tidak akan berkurang tapi selalu bertambah..sebagaimana Rosulullah berkata yang artinya :
              "Shodaqoh tidaklah akan mengurangi kekayaan.”(HR>Muslim,Attirmidzi dan Ahmad).
9.      Shodaqoh adalah obat bagi yang sakit
Sebagaimana Rosulullah berkata:
داووا مرضاكم بالصدقة

Artinya:” Obatilah orang sakit dari kalian dengan bershodaqoh”.(Hadits Hasan).

Seperti kisah nyata orang yang terkena kanker,dengan Shodaqohnya Allah hilangkan penyakit kankernya..atau kisah-kisah nyata lainnya.
Semoga bermanfaat…..

وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ  إن الله هوالغفورالرحيم



Khutbah ke 2
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

Jama’ah yang dirahmati Allah……….
Setelah kita mengetahui akan banyaknya keutamaan dari shodaqoh,marilah kita niatkan diri kita untuk menjadi hamba Allah yang senang dengan amal kebaikan,seperti shodaqoh.Dan juga marilah kita berlomba –lomba dalam kebaikan secara umum.’Semoga Allah memudahkan niat mulia kita,,amien.

اللهم صلِّ على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آله إبراهيم إنك حميد مجيد، اللهم بارك على محمد وعلى آله محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات إنك السميع مجيب الدعوات يا قاضي الحاجات
اللهم اصلح أمور أمرائنا وارزقهم الاستقامة واهدهم إلى صراط المستقيم واجعلنا مطيعين في كل معروف
ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهبلنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب
ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.                 

0 komentar:

Posting Komentar